KKN Mahasiswa UII Desa Munggung Kawangdowo


Mahasiswa berbagai jurusan dari Universitas Islam Indonesia diterjunkan di Desa Munggung, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Penerjunan ini merupakan awal tugas mahasiswa UII untuk mengabdikan dirinya di Desa Munggung satu bulan kedepan. Ini merupakan program rutin yang dijalankan UII demi memenuhi tanggungjawabnya sebagai unversitas yang mengemban misi dakwah islamiyah.

            Pengabdian yang dilakukan mahasiswa ini tergabung dalam rangkaian kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Tema KKN kali ini adalah pemberdayaan ekonomi mikro. Dengan tema itu, mahasiswa diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa Munggung agar dapat meningkatkan kondisi perekonomiannya. Walaupun tema yang diusung adalah pemberdayaan ekonomi mikro, namun tidak semua mahasiswa mengambil tema tersebut. Banyak mahasiswa yang justru menjalankan program yang jauh dari tema. Misalnya saja program pelatihan tulis menulis dan fotografi, program penyuluhan pola hidup sehat.

            Mahasiswa yang diterjunkan di Desa Munggung berjumlah 48 orang yang terbagi dalam 6 unit. Dalam tugasnya, setiap mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi jam unit dan jam individu. Untuk memenuhi jam unit, setiap unit diwajibkan untuk menyusun dan menjalankan program unit. Program unit dilakukan berkelompok dan bentuknya bisa berbagai macam. Kebanyakan mahasiswa memilih membuat atau merenovasi tanda atau fasilitas desa, gapura misalnya. Sedangkan program individu dilakukan sendiri oleh tiap mahasiswa. Program ini merupakan penerapan dari ilmu yang mahasiswa dapat di bangku kuliah. Masing-masing harus terpenuhi sebagai syarat kelulusan KKN. Selain kedua jam tersebut, mahasiswa juga dituntut untuk memenuhi jumlah Jam Bantu Teman dan Jam Bantu Masyarakat.

            Jauh dari itu semua, mahasiswa sebenarnya dilatih untuk belajar bermasyarakat dan membagi ilmunya kepada masyarakat. Dengan demikian, proses belajar mengajar yang ada di kelas tidak terhenti sia-sia. KKN ini juga merupakan bekal untuk mahasiswa jikalau sudah lulus dan meninggalkan kampus UII tercinta, terjun ke masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.